13.4.11

Computer Assisted Instruction (CAI)


Pengajaran berbantuan komputer atau disingkat CAI (Computer Assisted Instruction), dengan kecepatan penguasaan materi yang dapat diatur sendiri oleh pemakainya.
CAI (Computer Assisted Instruction) adalah suatu sistem pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan peralatan komputer sebagai alat bantunya. CAI merupakan pengembangan daripada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Computer Assisted Instruction (CAI) adalah salah satu metode pengajaran yang digunakan untuk membantu pengajar mengajarkan materi secara interaktif dalam sebuah program tutorial dengan menggunakan suatu aplikasi komputer seperti Power Point  dan Macromedia


Terminologi:
Penggunaan komputer dalam pendidikan yang disebut dengan banyak nama seperti:
• Computer Assisted Instruction (CAI)
• Computer Aided Instruction (CAI)
• Computer Assisted Learning (CAL)
• Computer Based Education (CBE)
• Computer Based Instruction (CBI)
• Computer Enriched Instruction (CEI)
• Computer Managed Instruction (CMI)

Terminology Baru:

• Web Based Training
• Web Based Learning
• Web Based Instruction

Computer-based education (CBE) dan computer-based instruction (CBI) adalah istilah luas dan dapat merujuk pada hampir semua jenis penggunaan komputer dalam bidang pendidikan.  Computer-assisted instruction (CAI) dan Computer Aided Instruction (CAI) adalah istilah sempit dan paling sering merujuk pada drill dan praktek, tutorial, atau simulasi kegiatan.  Computer-managed instruction (CMI) instruksi Komputer yang dikelola adalah strategi pembelajaran dimana komputer ini digunakan untuk memberikan tujuan pembelajaran, sumber belajar, pencatatan, pelacakan kemajuan, dan penilaian kinerja peserta didik. Alat-alat berbasis komputer dan aplikasi yang digunakan untuk membantu guru atau administrator sekolah dalam pengelolaan para pelajar dan proses pembelajaran.



Sebuah teknik belajar mandiri, biasanya offline / online, yang melibatkan interaksi antara siswa dengan bahan ajar diprogram.
Computer-assisted instruction (CAI) merupakan teknik instruksional interaktif dimana komputer digunakan untuk menyajikan bahan pembelajaran dan memantau pembelajaran yang terjadi.
CAI menggunakan kombinasi teks, suara gambar, dan video dalam meningkatkan proses pembelajaran.  Komputer memiliki berbagai tujuan di kelas, dan dapat digunakan untuk membantu siswa dalam semua bidang kurikulum.
CAI mengacu pada penggunaan komputer sebagai alat untuk memfasilitasi dan meningkatkan instruksi.  Program CAI menggunakan tutorial, drill dan praktek, simulasi, dan pendekatan pemecahan masalah untuk topik ini, dan mereka menguji pemahaman siswa.

Ciri khas CAI :
1.  Teks atau konten multimedia
2.  Pertanyaan pilihan berganda
3.  Masalah
4.  Langsung umpan balik
5.  Catatan tentang respon yang salah
6.  Siswa merangkum kinerja
7.  Latihan untuk praktek
8.  Lembar kerja dan tes.

 Referensi: http://wikieducator.org